Pabrikan | Honda |
---|---|
Juga disebut | Fireblade |
Produksi | Sejak tahun 2004 |
Pendahulu | Honda CBR954RR |
Kelas | Motor spor |
Terkait | Honda CBR600RR |
Racing akar
Honda CBR1000RR dikembangkan oleh tim yang sama yang berada di balik MotoGP seri. Banyak teknologi baru yang diperkenalkan dalam CBR600RR Honda , keturunan langsung dari RC211V, yang digunakan dalam CBR1000RR baru seperti panjang swingarm Satuan, Pro-Link belakang suspensi , dan Tahap Sistem Bahan Bakar Ganda Injection (DSFI).2004-2005
Honda CBR1000RR adalah penerus CBR954RR tersebut. Sementara berkembang desain CBR954RR, beberapa bagian yang dibawa ke CBR1000RR tersebut. The cc 998 kompak (60,9 cu in) in-line empat adalah desain baru, dengan lubang yang berbeda dan dimensi stroke, ras-terinspirasi kaset-tipe enam -speed gearbox, semua-baru ECU -dikendalikan ram-sistem udara, dual-stage injeksi bahan bakar, dan pusat-up knalpot menampilkan dikendalikan komputer baru katup kupu-kupu . Chassis itu juga semua baru, termasuk bingkai aluminium organik gaya terdiri dari Gravity Die Cast-bagian utama dan Fine Die-Cast struktur kemudi kepala, terbalik garpu, Unit Pro-Link suspensi belakang, radial-mount rem depan, dan terpusat tangki bahan bakar yang terletak tersembunyi di bawah penutup palsu. Selain itu, Honda Electronic Steering Damper (HESD) memulai kariernya sebagai sistem industri pertama yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan membantu menghilangkan goyang kepala sementara secara otomatis menyesuaikan untuk usaha kecepatan tinggi dan rendah kemudi.Sebuah lagi swingarm bertindak sebagai lengan tuas lagi di suspensi belakang untuk traksi yang superior di bawah percepatan dan tindakan suspensi lebih progresif. Lebih lama dari unit yang sesuai pada CBR954RR (585 mm (23,0 in) dibandingkan dengan 551 mm (21,7 in)) 34 mm yang CBR1000RR ini (1,3) swingarm lagi terdiri 41,6 persen dari total wheelbase. Wheelbase CBR1000RR juga meningkat, berukuran 1.405 mm (55,3 in), sebuah mm 5 (0,20 in) meningkat selama 954.
Mengakomodasi lagi swingarm adalah alasan lain pembangkit listrik CBR1000RR berbagi apa-apa dengan 954. Memperpendek mesin dibandingkan dengan 954 berarti menolak tata letak in-line konvensional. Sebaliknya, insinyur posisi crankshaft CBR1000RR ini, poros utama dan poros dalam konfigurasi segitiga, dengan poros terletak di bawah poros utama, secara dramatis memperpendek mesin depan ke belakang, dan memindahkan poros swingarm lebih dekat dengan crankshaft. Konfigurasi ini pertama kali berhasil diperkenalkan oleh Yamaha dengan YZF-R1 model 1998 dan terinspirasi desain Superbike di tahun-tahun berikutnya.
Memposisikan ini mesin kompak jauh ke depan dalam chassis juga meningkat front-end bias berat badan, merupakan metode yang efektif untuk membuat sepeda bertenaga tinggi liter kurang wheelie rawan bawah percepatan keras. Pendekatan ini, bagaimanapun, juga disediakan sangat sedikit ruang antara mesin dan roda depan untuk radiator besar. Insinyur memecahkan masalah ini dengan memberikan RR lereng silinder sederhana dari 28 derajat, dan memindahkan filter oli dari penempatan frontal pada 954 ke sisi kanan mesin 1000RR. Hal ini memungkinkan pusat-up sistem pembuangan RR untuk diselipkan erat dengan mesin.
2006-2007
- Baru intake dan exhaust port (aliran yang lebih tinggi, mengurangi volume ruang)
- Tinggi rasio kompresi (dari 11.9:1 sampai 12.2:1)
- Revisi cam timing
- Intake valve angkat lebih (dari 8,9 mm sampai 9,1 mm)
- Ganda mata untuk katup intake
- Tinggi redline (dari 11.650 rpm sampai 12.200 rpm)
- Besar belakang sproket (41-42 gigi)
- Baru sistem pembuangan
- Baru chassis geometri
- Lebih besar 320 mm (13 in) cakram rem depan tapi tipis sebesar 4,5 mm (0,18 di)
- Revisi suspensi depan
- Revisi suspensi belakang dengan rasio linkage baru
- New ringan swingarm
- Revisi fairing depan desain
2008-2012
Honda melakukan upaya sangat terfokus untuk mengurangi dan memusatkan berat keseluruhan. A, ringan sempit die bingkai cor dibentuk menggunakan teknik baru yang Honda diklaim memungkinkan untuk konstruksi dinding yang sangat tipis dan hanya empat tuang yang akan dilas bersama-sama. Hampir setiap bagian dari sepeda baru direkayasa ulang untuk mengurangi berat badan termasuk sidestand, selang rem depan, rem rotor, baterai, dan roda.
Dalam rangka meningkatkan stabilitas di bawah perlambatan, sebuah slipper clutch ditambahkan, dengan mekanisme pusat-cam-membantu. The Damper Pengarah Honda Electronic direvisi juga. Perubahan signifikan lain adalah sistem pembuangan yang tidak lagi desain underseat pusat-up. Knalpot baru desain yang sisi tersampir dalam rangka meningkatkan sentralisasi massa dan kekompakan sementara meniru gaya MotoGP-.
Pada tanggal 5 September 2008, Honda mengumumkan model 2009. Sepeda tetap sama, dalam hal mesin, gaya, dan kinerja. Penambahan hanya signifikan adalah pengenalan pabrik opsional dipasang Gabungan ABS (C-ABS) sistem awalnya dipamerkan pada CBR600RR Combined ABS prototipe . Baru, sinyal gilirannya ringan juga ditambahkan.
Pada tanggal 4 September 2009, Honda mengumumkan model 2010. Honda meningkatkan diameter roda gila untuk inersia lebih. Ini torsi rpm rendah ditingkatkan dan halus berjalan tak jauh menganggur. Rakitan plat didesain ulang untuk menghilangkan lebih cepat ketika mempersiapkan sepeda motor untuk digunakan trek. Penutup knalpot juga didesain ulang untuk penampilan lebih baik.
Fireblade ini merayakan ulang tahun ke-20, direvisi untuk 2012, itu akan Showa 's Piston teknologi suspensi Big, baru 12-spoke roda, tweak aerodinamis, sebuah layar LCD dan semua update kecil lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar