Info Otomotif - Honda Beat injeksi terbaru harga dan spesifikasi mesin.
Anda mungkin telah sangat mengenal salah satu varian Honda Beat, yaitu
salah satu motor matic keluaran Honda yang saat ini begitu laris manis
di pasaran. Setelah sukses dengan varian Beat dengan mesin konvensional
yang mengadopsi sistem pembakaran karburator, kini Honda menghadirkan
varian terbaru dari Honda Beat dengan sistem pengolahan bahan bakar
menggunakan teknologi injeksi atau PGM-Fi (Programmed Fuel Injection).
PGM-Fi sendiri merupakan salah satu teknologi canggih yang kini telah
diadopsikan pada motor sehingga teknologi ini bisa mengatur konsumsi
bahan bakar secara terprogram dengan besaran masukan yang sudah
distandarisasikan oleh pabrik. Setelah mengalami kesuksesan penjualan
dibeberapa model, Honda kini mulai rajin mengusung sistem PGM-Fi hampir
disemua variannya, termasuk juga varian matic seperti Honda Spacy.
Kali
ini mesin dengan sistem injeksi pun di benamkan pada Honda Beat Fi
yang berimbas pada penampilannya yang lebih padat, irit dan memiliki
performa mesin yang juga mengalami peningkatan. New Honda Beat Fi
disebut-sebut telah memiliki banyak perubahan baik dari segi tampilan
maupun mesin. Perubahan yang paling terlihat menonjol adalah pada bagian
mesin serta rangka mesin yang cenderung memiliki kesamaan dengan Honda
Spacy Helm-In dan bukan lagi mengadopsi rangka mesin Beat versi
terdahulu.
Dengan New Honda Beat injeksi, Honda berusaha menyasar matic ini kepasaran menengah mengingat harga dan spesifikasi motor
matic ini memang terbilang cukup murah dengan fungsi yang disesuaikan
bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan
yang tinggi. Tentu saja motor matic yang praktis dan irit bisa menjadi
sebuah pilihan. Spesifikasi New Honda Beat Fi injeksi masih tetap
mempertahankan SOHC dengan satu buah silinder dan dua buah klep,
sedangkan dapur pacunya menggunakan kapasitas piston 108cc atau
mengalami peningkatan sebesar 10cc dari Honda Beat sebelumnya. Dengan
adanya pembesaran piston tentu saja akan berimbas pada performa mesin
yang juga ikut meningkat. Torsi yang dihasilkan oleh Honda Beat injeksi
ini mengalami peningkatan dari 08,85 Kgfm menjadi 8,52 Kgfm. Disisi
lain, akselerasi dari New Honda Beat juga ikutan meningkat. Jika versi
Beat sebelumnya hanya mampu menghasilkan 8,22 PS kini meningkat menjadi
8,52 PS dengan komposisi putaran mesin yang sama yaitu berada di putaran
mesin 8000 RPM.
Perubahan lain yang terdapat pada New Beat adalah pada bagasi yang
memiliki volume lebih besar dibandingkan dengan Beat sebelumnya. Bukan
hanya itu saja perubahan yang terdapat pada Beat Fi, akan tetapi Honda
juga telah mendesain bangku jok yang lebih rendah, hal ini merupakan
bentuk penyesuaian dengan postur sebagian besar orang Asia termasuk
Indonesia. New Honda Beat juga telah dibekali dengan rem yang
menggunakan sistem Combi Brake (CBS) yang bisa melakukan pengereman pada
bagian depan dan belakang yang lebih empuk, tak lupa New Beat Fi juga
telah memiliki sepasang aksesori baru yang tidak dapat Anda temukan pada
Beat sebelumnya, yaitu pijakan kaki samping (footstep). Dengan adanya
pijakan kaki maka akan memungkinkan orang yang dibonceng akan merasa
lebih nyaman dengan tumpuan yang menitik beratkan pada kedua kaki.
Jadwal
peluncuran Honda New Beat Fi ke pasaran tepatnya yaitu pada bulan
Oktober 2012 ini dan telah rilis beberapa waktu yang lalu. Honda Beat
injeksi Fi memiliki 5 varian warna yang berbeda, yaitu Hard Rock Black, Trance Blue, Samba Orange dan Techno White yang dibanderol seharga Rp 13,5 juta untuk Honda Beat CBS, Rp 12,1 untuk New Beat spoke wheel dan Rp 12,9 juta untuk varian cast wheel.
Spesifikasi Motor Honda Beat Fi – Injeksi
Panjang x Lebar x Tinggi
|
1.863 x 675 x 1.072 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1.255 mm
|
Jarak Terendah ke Tanah
|
140 mm
|
Berat Kosong
|
93 Kg
|
Tipe Rangka
|
Tulang Punggung
|
Tipe Suspensi Depan
|
Teleskopik
|
Tipe Suspensi Belakang
|
Lengan Ayun Dengan Subreker Tunggal
|
Ukuran Ban Depan
|
80/90 14 M/C 40P
|
Ukuran Ban Belakang
|
90/90 14 M/C 46P
|
Rem Depan
|
Cakram Hidrolik, dengan piston tunggal
|
Rem Belakang
|
Trombol
|
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
|
3,7 Liter
|
Tipe Mesin
|
4 Langkah, OHC
|
Diameter x Langkah
|
50 x 55 mm
|
Volume Langkah
|
108 cc
|
Perbandingan Kompresi
|
9,2 : 1
|
Daya Maksimum
|
6.27 KW (8,52 PS) / 8.000 rpm
|
Torsi Maksimum
|
8.68 N.m (0,89 kgf.m) / 6.500 rpm
|
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin
|
0,8 Liter Pada Penggantian Periodik
|
Kopling Otomatis
|
Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
|
Gigi Transmisi
|
Otomatis, V-Matic
|
Pola Pengoperan Gigi
|
-
|
Stater
|
Pedal & Elektrik
|
Aki
|
MF Battery, 12 v 3 Ah
|
Busi
|
NGK CPR9EA-9 : DENSO U27EPR9
|
Sistem Pengapian
|
Full Transisterized, Baterai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar